Sunday, January 4, 2015

MENGGUNAKAN CONDITIONAL STATEMENT DI VISUAL BASIC .NET 2008

Posted by Unknown at 10:45 AM

 Penggunaan Pernyataan kondisional ada 2, yaitu If ... Then & Select Case

       Disini saya akan sedikit menjelaskan bagaimana penggunaan dan perbedaan pada
If...Then & select Case ...

If ... Then ... Pernyataan Lain

Persyaratan mengeksekusi sekelompok pernyataan, tergantung pada nilai ekspresi.

'Sintaks Multiple-line:
 Jika kondisi [Kemudian]
     [Pernyataan]
 [ElseIf elseifcondition [Kemudian]
     [Elseifstatements]]
 [Lain
     [Elsestatements]]
 End If

 'Sintaks Single-line:
 Jika kondisi Kemudian [laporan] [Lain [elsestatements]]

kondisi

    Yang Dibutuhkan. Ekspresi. Harus mengevaluasi untuk Benar atau Salah, atau tipe data yang secara implisit dikonversi ke Boolean.

    Jika ekspresi adalah Nullable variabel Boolean yang mengevaluasi ke Tidak , kondisi ini diperlakukan seolah-olah ungkapan tidak benar, dan blok Lain dijalankan.
Kemudian

    Diperlukan dalam sintaks single-line; opsional dalam sintaks banyak baris.
pernyataan

    Opsional. Satu atau lebih pernyataan berikut If ... Then yang dijalankan jika kondisi bernilai Benar.
elseifcondition

    Diperlukan jika ElseIf hadir. Ekspresi. Harus mengevaluasi untuk Benar atau Salah, atau tipe data yang secara implisit dikonversi ke Boolean.
elseifstatements

    Opsional. Satu atau lebih pernyataan berikut ElseIf ... Kemudian yang dijalankan jika elseifcondition mengevaluasi ke True.
elsestatements

    Opsional. Satu atau lebih pernyataan yang dieksekusi jika tidak ada kondisi atau elseifcondition ekspresi sebelumnya mengevaluasi ke True.
End If

    Mengakhiri If ... Then ... Else blok.

Keterangan
Beberapa-Line Syntax

Ketika If ... Then ... Else pernyataan ditemui, kondisi diuji. Jika kondisi ini benar, pernyataan berikut Kemudian dijalankan. Jika kondisi bernilai False, setiap pernyataan ElseIf (jika ada) dievaluasi dalam rangka. Ketika elseifcondition Benar ditemukan, laporan segera setelah terkait ElseIf dieksekusi. Jika tidak ada elseifcondition mengevaluasi untuk Benar, atau jika tidak ada pernyataan ElseIf, pernyataan berikut Lain dijalankan. Setelah mengeksekusi pernyataan berikut Kemudian, ElseIf, atau Lain, eksekusi berlanjut dengan pernyataan berikut End If.

The ElseIf dan klausa Lain keduanya opsional. Anda dapat memiliki banyak klausa ElseIf yang Anda inginkan dalam Jika ... Then ... Else pernyataan, tapi tidak ada klausul ElseIf dapat muncul setelah klausa Lain. Jika ... Lalu ... pernyataan Lain dapat bersarang dalam satu sama lain .

Dalam sintaks banyak baris, pernyataan Jika harus menjadi satu-satunya pernyataan pada baris pertama. The ElseIf, Lain, dan End If pernyataan dapat didahului hanya dengan label baris. Jika ... Lalu ... blok Lain harus diakhiri dengan End If pernyataan.

Catatan: Pernyataan Select ... Case (Visual Basic) mungkin akan lebih berguna bila
                Anda  mengevaluasi ekspresi tunggal yang memiliki beberapa nilai yang mungkin.
                Satu-Line Sintaks

Anda dapat menggunakan sintaks single-line untuk jangka pendek, tes sederhana. Namun, sintaks banyak baris menyediakan lebih struktur dan fleksibilitas dan biasanya lebih mudah untuk dibaca, memelihara, dan debug.

Apa mengikuti Kemudian kata kunci diperiksa untuk menentukan apakah sebuah pernyataan adalah single-line Jika. Jika apa pun selain komentar muncul setelah Kemudian pada baris yang sama, pernyataan diperlakukan sebagai single-line Jika pernyataan. Jika Kemudian tidak ada, itu harus menjadi awal dari banyak baris If ... Then ... Else.

Dalam sintaks single-line, Anda dapat memiliki beberapa pernyataan dieksekusi sebagai hasil dari If ... Then keputusan. Semua pernyataan harus berada di baris yang sama dan dipisahkan oleh titik dua.

Beberapa Kondisi IF
    1.    IF sederhana
    2.    IF – Then –Else
    3.    IF bersarang
                                     
   *IF Sederhana

IF kondisi THEN

Pernyataan bila benar

END IF

   *IF –THEN-ELSE

IF kondisi THEN

Pernyataan bila benar

Else

Pernyataan bila salah

END IF

  *IF –Bersarang

IF kondisi THEN

‘Pernyataan Benar

IF kondisi THEN

Pernyataan bila benar

Else

Pernyataan bila salah

END IF

Else

‘Pernyataan bila salah

IF kondisi THEN

Pernyataan bila benar

Else

Pernyataan bila salah

END IF

END IF


contoh sederhana

Design


 Listing Program



Hasilnya



Pilih ... Pernyataan Case
Menjalankan salah satu dari beberapa kelompok pernyataan, tergantung pada nilai ekspresi.

 Pilih [Kasus] testexpression
     [Kasus expressionlist
         [Pernyataan]]
     [Kasus Lain
         [Elsestatements]]
 End Select

Suku Cadang

Istilah
   

Definisi

testexpression
   

Yang Dibutuhkan. Ekspresi. Harus mengevaluasi ke salah satu tipe data dasar (Boolean, Byte, Char, Tanggal, Double, Decimal, Integer, Long, Object, SByte, pendek, Single, String, UInteger, ULong, dan ushort).

expressionlist
   

Diperlukan dalam sebuah pernyataan Kasus. Daftar klausa ekspresi mewakili nilai-nilai cocok untuk testexpression. Beberapa klausul ekspresi dipisahkan dengan koma. Setiap klausa dapat mengambil salah satu bentuk berikut:

    expression1 Untuk expression2

    [Is] ekspresi comparisonoperator

    ekspresi

Gunakan Untuk kata kunci untuk menentukan batas-batas rentang nilai cocok untuk testexpression. Nilai expression1 harus kurang dari atau sama dengan nilai expression2.

Gunakan Is kata kunci dengan operator perbandingan (=, <>, <, <=,>, atau> =) untuk menentukan pembatasan pada nilai-nilai cocok untuk testexpression. Jika Apakah kata kunci ini tidak disertakan, maka secara otomatis dimasukkan sebelum comparisonoperator.

Bentuk menentukan hanya ekspresi diperlakukan sebagai kasus khusus dari bentuk Is mana comparisonoperator adalah tanda sama dengan (=). Formulir ini dievaluasi sebagai testexpression = ekspresi.

Ekspresi di expressionlist dapat dari setiap jenis data, asalkan mereka secara implisit dikonversi ke tipe testexpression dan comparisonoperator tepat berlaku untuk kedua jenis itu digunakan dengan.

pernyataan
   

Opsional. Satu atau lebih pernyataan berikut Kasus yang dijalankan jika testexpression cocok dengan klausul dalam expressionlist.

elsestatements
   

Opsional. Satu atau lebih pernyataan berikut Case Else yang dijalankan jika testexpression tidak cocok klausul apapun dalam expressionlist dari salah satu pernyataan Kasus.

End Select
   

Mengakhiri definisi pembangunan Select ... Case.
Keterangan

Jika testexpression cocok dengan klausa Case expressionlist, pernyataan berikut pernyataan Kasus berlari ke kasus berikutnya, Case Else, atau End Select pernyataan. Kontrol kemudian lolos ke pernyataan berikut End Select. Jika testexpression cocok klausul expressionlist di lebih dari satu kasus klausul, hanya pernyataan berikut pertama pertandingan berjalan.

Kasus Pernyataan Lain digunakan untuk memperkenalkan elsestatements untuk dijalankan jika tidak ada yang cocok antara testexpression dan klausul expressionlist dalam laporan kasus lainnya. Meskipun tidak diperlukan, itu adalah ide yang baik untuk memiliki pernyataan Lain Kasus di Pilih konstruksi Case untuk menangani nilai testexpression tak terduga. Jika tidak ada kasus expressionlist klausul cocok testexpression dan tidak ada kasus pernyataan Lain, kontrol lolos ke pernyataan berikut End Select.

Anda dapat menggunakan beberapa ekspresi atau kisaran di setiap klausul Kasus. Misalnya, baris berikut berlaku.

Kasus 1 Untuk 4, 7 Untuk 9, 11, 13, adalah> maxNumber
 Catatan

 kata kunci yang digunakan dalam laporan Lain Kasus dan Kasus tidak sama dengan Is Operator (Visual Basic) , yang digunakan untuk referensi objek perbandingan.

Anda dapat menentukan rentang dan beberapa ekspresi string karakter. Pada contoh berikut, Kasus cocok dengan string yang persis sama dengan "apel", memiliki nilai antara "kacang" dan "sup" dalam urutan abjad, atau berisi nilai yang sama persis seperti nilai saat testItem.

Kasus "apel", "kacang" To "sup", testItem

Pengaturan Option Bandingkan dapat mempengaruhi perbandingan string. Di bawah Option Bandingkan Teks, string "Apel" dan "apel" membandingkan sebagai sama, tetapi di bawah Option Bandingkan Biner, mereka tidak.


Catatan: Sebuah pernyataan Kasus dengan beberapa klausul dapat menunjukkan perilaku                                    yang dikenal sebagai hubungan arus pendek.Visual Basic mengevaluasi klausul dari
                 kiri  ke  kanan, dan jika salah satu menghasilkan pertandingan dengan testexpression,
                 klausul yang tersisa tidak dievaluasi. Hubungan arus pendek yang dapat meningkatkan
                 kinerja, tetapi dapat menghasilkan hasil yang tidak diharapkan jika Anda mengharapkan
                 setiap ekspresi dalam expressionlist untuk dievaluasi. Untuk informasi lebih lanjut tentang
                 hubungan arus pendek, lihat Boolean Ekspresi (Visual Basic) .

Jika kode dalam Kasus atau Case pernyataan Lain blok tidak perlu menjalankan lagi dari pernyataan dalam blok, dapat keluar blok dengan menggunakan Exit Pilih pernyataan. Ini mentransfer kontrol segera pernyataan berikut End Select.

Pilih konstruksi kasus dapat bersarang. Setiap Select Case konstruksi bersarang harus memiliki cocok End Select pernyataan dan harus benar-benar terkandung dalam Kasus tunggal atau Case pernyataan Lain blok Select Case konstruksi luar dalam yang bersarang.

Select case bentuk kondisi yang menyederhanakan sintak dari IF bersarang. Penggunaan IF-bersarang akan sangat repot bila kita harus mengecek variabel yang banyak.

Bentuk dari Select case adalah sebagai berikut:

Variabel_nilai = nilai

Select case Variabel_nilai

Case nilai  pernyataan 1

Case nilai   pernyataan 2



Case nilai pernyataan n

Else Case

Pernyataan else_case

End Select

Contoh 1

‘range Variabel_nilai dari 1 sampai 10

Variabel_nilai = textbox1.text

Select case Variabel_nilai

Case 1  pernyataan 1

Case 2   pernyataan 2



Case 10 pernyataan n

Else Case

Pernyataan else_case

End Select

ini contoh sederhananya ...
Desaign



ini Codingnya ...
 Public Class Form1

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Angka.Items.Add("001")
        Angka.Items.Add("002")
        Angka.Items.Add("003")

      
    End Sub

    Private Sub Angka_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Angka.SelectedIndexChanged
        Select Case Angka.Text
            Case "001"
                Bulan.Text = "Januari"
            Case "002"
                Bulan.Text = "Februari"
            Case "003"
                Bulan.Text = "Maret"

        End Select
    End Sub
End Class

Dan Hasilnya :



Semoga Berhasil ...

1 comments:

Unknown said...

thank you for your information

Post a Comment

 

Blog Komputer Template by Ipietoon Blogger Template | Cerita Komputer